Kamis, 16 Desember 2010

MULTIMEDIA

DEFINISI MULTIMEDIA

MULTI [latin nouns] : banyak; bermacam-macam
MEDIUM    [latin]    :    sesuatu    yang    dipakai    untuk menyampaikan atau membawa sesuatu
MEDIUM    [American    Heritage    Electronic
Dictionary, 1991] : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi

Multimedia    dapat    diartikan    sebagai    penggunaan    beberapa    media    yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.

Beberapa definisi menurut beberapa ahli:
1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
2. Kombinasi  dari  tiga  elemen:  suara,  gambar,  dan  teks  (McComick,
1996)
3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output.    Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan
gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin
dan Linda, 2001)
5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah:
pemanfaatan komputer  untuk  membuat  dan  menggabungkan  teks, grafik, audio, video,  dengan menggunakan tool yang memungkinkan
pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.


Sedangkan menurut  wikipedia.org:
Multimedia is the use of several different media to convey information (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity). Multimedia also refers to

computer    data    storage    devices,    especially    those    used    to    store multimediantent.



DEFINISI KOMPUTER MULTIMEDIA


Menurut wikipedia.org:
Komputer Multimedia  adalah  sebuah  komputer  yang  dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi komputer mutlimedia    dilakukan    oleh    "Multimedia    PC    Marketing    Council",    sebuah
kelompok kerja  dari  sebuah  perusahaan  yang  dahulu  bernama  Software Publishers Association (sekarang bernama Software and Information Industry Association). Perusahaan ini merupakan gabungan  dari Microsoft, Creative
Labs, Dell, Gateway, dan Fujitsu.

Kenapa CD-ROM?
Karena dahulu multimedia sebatas hanya kemampuan komputer untuk menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja.

Standar Komputer Multimedia menurut Software and Information Industry
Association:

Pada tahun 1990:

•    16 MHz 386SX CPU
•    2MB RAM
•    30MB hard disk
•    256-color, 640 x 480 VGA video card
•    1x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 1 second seek time
•    Sound card outputting 22 kHz, 8-bit sound; and inputting 11 kHz, 8- bit sound
•    Windows 3.0 with Multimedia Extensions.

Pada tahun 1993:

•    25 MHz 486SX CPU
•    4 MB RAM
•    160 MB hard disk
•    16-bit color, 640×480 VGA video card
•    2X CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read at 1x, with < 400ms seek time
•    Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound
•    Windows 3.0 with Multimedia Extensions, or Windows 3.1

Pada tahun 1996:

•    75 MHz Pentium CPU
•    8 MB RAM
•    540 MB hard disk
•    Video system that can show 352×240 at 30 frames per second, 15- bit color
•    MPEG-1 hardware or software video playback
•    4x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with <
250ms seek time
•    Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound
•    Windows 3.11





MENGAPA MULTIMEDIA?

Multimedia dapat digunakan dalam:

1. Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
2. Bidang  pendidikan  dalam  penyampaian  bahan  pengajaran  secara interaktif dan dapat  mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
3. Bidang    jaringan    dan    internet    yang    membantu    dalam    pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif

Menurut riset Computer Technology Research (CTR):

1. Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
2. Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar
3. Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
4. Orang    mampu    mengingat    30%    dari    yang    didengar,    dilihat,    dan dilakukan.

Multimedia mampu:

1. Mengubah tempat kerja.    Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat  melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh    software    yang    mendukung        teleworking/telecommuting: Netmeeting!
2. Mengubah    cara    belanja.    Homeshopping/teleshopping    dapat dilakukan  dengan  menggunakan  internet,  kemudian  barang  datang
dengan sendirinya.
4
3. Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
4. Mengubah    cara    memperoleh    informasi.    Orang-orang    mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi.
Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
5. Mengubah    cara    belajar.    Sekolah    mulai    menggunakan    komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.



Media (berdasar ISO93a) dapat diklasifikan menjadi beberapa kriteria :
1. Perception Medium
•    Perception    media    membantu    manusia    untuk    merasakan lingkungannya
•    “Bagaimana     manusia    menerima    informasi    pada    lingkungan komputer?”    Æ     Persepsi    informasi    melalui     penglihatan    atau pendengaran
•    Perbedaan persepsi informasi melalui “melihat” dan “mendengar”
•    Aspek pada perception medium :
i. Aspek  Representative  Space:  sesuatu  yang  terkandung daklam presentasi secara nyata
- Kertas, layar
- Slide show, power point
ii. Aspek Representative Values: nilai-nilai  yang terkandung dalam presentasi
- Self contained (interpretasi tiap orang berbeda), misal:
suhu, rasa, bau
-  Predefined    symbol    set    (sudah    disepakati sebelumnya), misal: teks, ucapan, gerak tubuh
iii. Aspek Representation Dimension
- Ruang (space)
- Waktu (time) :
time independent, discreet (text, grafis)
time    dependent    ,    continuous    media    (video, audio, sinyak dari sensor yang berbeda)
2. Representation Medium
•    Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh komputer
•    “Bagaimana    informasi    pada    komputer        dikodekan?”    Æ Menggunakan        berbagai        format        untuk    merepresentasikan informasi. Contoh :
-    Text    :  ASCII dan EBCDIC
-    Grafis    :  CEPT atau CAPTAIN videotext

-    Audio stream    :  PCM  (Pulse  Coding  Method)  dengan kuantisasi linier 16 bit
-    Image    :  Facsimile (standard ISO) atau JPEG
-    Audio/video    :  TV    standard    (PAL,    SECAM,    NTSC), computer standard (MPEG)
3. Presentation Medium
•    Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output informasi
•    “Melalui    media    apa    informasi    disajikan    oleh    komputer,    atau dimasukkan ke komputer?”
Æ     Output :  kertas, layar, speaker
Æ     Input    :  keyboard, mouse, kamera, microphone
4. Storage Medium
•    Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi (tidak terbatas pada komponen komputer)
•    “Dimanakah informasi akan disimpan?” Æ microfilm, floppy disk, hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard
5. Transmission Medium
•    Pembawa  informasi  yang  memungkinkan  terjadinya  transmisi data secara kontinyu (tidak termasuk media penyimpanan)
•    “Melalui apa informasi akan ditransmisikan?” Æ  melalui jaringan, menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka (wireless)
6. Information Exchange Medium
•    Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan dan media transmisi
•    “Bagaimana    informasi    dari    tempat    yang    berbeda    saling dipertukarkan?” Æ direct transmission dengan jaringan komputer, combined  (storage  dan  transmission  media),  web  yang  berisi informasi, e-book, forum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar